Oleh: Pdt Yansen Lumbanraja-Bandung

Kisah Rasul 1:8:  "...
Tetapi kamu akan menerima kuasa , kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku   di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria  dan sampai ke ujung bumi..."

Dalam hidup dan pelayanan ini kita membutuhkan kuasa. Kuasa yang datangnya dari Roh Kudus seperti yang dijanjikan oleh Tuhan Yesus sebelum Dia naik ke Sorga.  Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk dengan tekun berdoa dan menantikan serta jangan meninggalkan Jerusalem sampai mereka menerima janji itu yaitu pencurahan Roh Kudus.

Apa yang terjadi setelah mereka menerima pencurahan Roh Kudus?? Disinilah rahasianya. Setelah mereka menerima janji itu maka ada suatu kuasa supranatural yang masuk kedalam hidup para murid sehingga terjadi suatu perubahan keberanian yang luar biasa.  Para murid yang dulunya penakut menjadi berani bahkan menyerahkan nyawanyapun mereka tidak takut asal injil keselamatan diberitakan.


Bayangkan, Rasul Petrus yang dulunya penakut bahkan sampai menyangkal Tuhan Yesus sebanyak tiga kali.  Saudara tau? Bahwa rasul Petrus adalah rasul yang paling dekat dengan Tuhan Yesus. Tetapi lihat, ketika ketakutan masih ada, dan ketika kuasa Roh Kudus belum dicurahkan, bayangkan seorang yang sangat dekat pun/sahabat terpaksa menyangkal Tuhan Yesus. Akan tetapi setelah Petrus menerima kuasa Roh Kudus, nyawa pun dipertaruhkannya demi Tuhan yang dia kasihi Yesus Kristus.

Saudara, saya beritahu, Pentakosta tidak jaminan anda terima roh Kudus. Anak Pendeta tidak jaminan anda sudah bertobat dan menerima Roh Kudus. Tidak persoalan apakah anda sudah 30 tahun jadi pentakosta, tapi tidak ada jaminan anda sudah terima Roh Kudus.  Saya ini anak seorang Pendeta. Dulu dirumah kami hampir tiap hari ada kebaktian. Daya saya selalu berusaha supaya kabur di detik-detik mau mulai ibadah. Jadi saya ulangi dan tegaskan, Pentakosta dan statusmu sebagai anak Pendeta bukan jaminan sudah bertobat dan terima ROh Kudus.

Firman Tuhan berkata, yang lama sudah berlalu, yang baru sudah datang. Tapi nyatanya ada dan banyak orang pentakosta yang statusnya begini: Yang lama belum lalu-lalu dan yang baru belum datang-datang. Artinya hanya nama pentakosta, tapi tabiat dan karakter masih buruk? Mengapa? Ini rahasianya: Belum menerima kuasa dari Roh Kudus.

Bagaimana caranya menerima kuasa? Tidak ada cara lain selain apa yang dikatakan Yesus kepada seorang farisi yang ahli taurat: : LAHIR BARU. Dibaptis selam dan dibaptis dalam Roh Kudus.  Bagaimana bisa dapat itu? Roma 12 berkata: Persembahkanlah hidupmu sebagai persembahan yang sejati dihadapan Tuhan.

Saudara, kalau kita tidak memiliki kuasa yang datangnya dari Roh Kudus, kita bisa tawar hati. LIhat kondisi gereja ditengah2 bangsa kita ini. Orang Kristen diburu, didiskriminasi, dikejar-kejar, gereja ditutup? Coba bayangkan siapa yang tidak tawar hati? Tapi bagaimana supaya tidak tawar hati? Terima kuasa Rih Kudus.

Saya pernah hampir di eksekusi, saya bersama adek saya Pdt Dayan Lumbanraja. Kami sudah dikelilingi massa jihad di Bandung. Saya sempat berpikir bahwa mungkin saya akan mengakhiri pertandingan yang baik seperti kata Paulus, maksudanya saya waktu itu sudah siap mati dalam Kristus. Akan tetapi dalam "lembah kekelaman" Roh Kudus beri hikmat bagi saya dan bagi adek saya. Kami setuju tanda tangan untuk pindah lokasi gereja. (Itulah hikmat untuk meredakan amarah massa, karena pada prinsipnya tanda tangan yang dipaksakan tidak ada artinya di dalam hukum)

Dan saudara tahu, gereja kita tidak jadi pindah dan (mungkin) gereja kitalah yang pertama mendapat sertifikat gereja dan saya buat A.n Gereja Pentakosta Indonesia.  Inilah kalau hidup bersama dan oleh kuasa. Kuasa Roh Kudus. Kita tidak tawar hati, tetapi tetap semangat mengabarkan injil keselamatan.

Ini saya pesankan kepada kalian semua generasi muda. Pelihara keintimanmu dengan Roh Kudus. Pelihara doamu kepada Tuhan. Siang malam, pagi sore tetap jalin ke intiman dengan Tuhan. Dengan begitulah kamu sekalian akan hidup oleh dan senantiasa bersama kuasa. YAitu Kuasa Roh Kudus.

HALELUYA!!!!!

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kotbah" Lainnya

Malu

M A L U Rev. M.H. SIburian Rasa malu adalah salah satu alat kontrol yang mensensor kharakter manusia, kalau alat sensor ini rusak maka kara..... [Read more]




Kuasa Darah

  KUASA DARAH   Rev. MH. Siburian Manusia harus diselamatkan dari konsekwensi dosa. Caranya adalah dengan mengampuninya, namun pengampunan..... [Read more]




Berhala Baru

BERAHALA BARU Rev. M.H. Siburian   Negerinya penuh dengan berhala-berhala; mereka sujud menyembah kepada buatan tangannya sendiri dan kepada ya..... [Read more]




POWER LOOK: TEMPORER DAN BERUBAH-UBAH, BAHKAN MENGELABUI

POWER LOOK: TEMPORER DAN BERUBAH-UBAH, BAHKAN MENGELABUI Rev. MH. Siburian   Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengempang-ngem..... [Read more]




Domba Paskah

DOMBA PASKAH Rev. M.H. Siburian   DAN DARAH ITU MENJADI TANDA BAGIMU PADA RUMAH –RUMAH DIMANA KAMU TINGGAL:APABILA AKU MELIHAT DARAH ITU, ..... [Read more]