DOMBA PASKAH

Rev. M.H. Siburian

 

DAN DARAH ITU MENJADI TANDA BAGIMU PADA RUMAH –RUMAH DIMANA KAMU TINGGAL:APABILA AKU MELIHAT DARAH ITU, MAKA AKU AKAN LEWAT DARI PADA KAMU.JADI TIDAK AKAN ADA TULAH KEMUSNAHAN DI TENGAH-TENGAH KAMU, APABILA AKUMENGHUKUM TANAH MESIR (KELUARAN 12:13)

 

Adalah kira-kira 400 tahun sebelum kejadian ayat tersebut diatas Allah berkata kepada Abraham bahwa keturunannya akan diperbudak di satu negeri asing selama 400 tahun.Tetapi Allah berjanji akan menghukum bangsa yang memperbudak mereka,dan akhirnya keturunan Abraham akan keluar dari tanah perhambaan itu(Kejadian 15:13,14).

 

Persis seperti apa yang dikatakan oleh Allah kepada Abraham,semua itu terjadi kepada keturunannya.Proses perbudakan itu sendiri dimulai dengan masuknya Yakub dan keturunannya ke negeri tersebut,dimana Yusuf anaknya telah menjadi raja ke dua dibawah Firaun.Setelah kematian Yusuf segala sesuatu mulai berobah. Firaun-Firaun baru yang menjadi raja kemudian, tidaklah lagi mengenal siapa Yusuf.maka jadilah bangsa keturunan Abraham tersebut menjadi budak dalam segala hal. Sekarang zaman kegelapan itu akan berakhir.Akan ada awal dari berakhirnya perbudakan dan awal dari pembebasan.Inilah waktunya keluar dari tekanan menuju kemerdekaan,dari kegelapan ke terang benderang,dari perbudakan ke pembebasan.

 

Tapi itu semua tidak datang dengan sendirinya.Ada rencana Allah yang harus menjadi pegangan bangsa yang terpuruk ini.Mereka setiap keluarga harus mengambil anak domba,jantan dan tidak bercela berumur setahun.Anak domba tersebut harus disembelih pada waktu senja.Kemudian darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas,pada rumah-rumah di mana orang memakannya.Karena Allah akan menghukum negeri tersebut dan akan ada kematian anak sulung dari manusia sampai binatang.Tetapi bila Allah melihat darah yang dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan ambang pintu rumah bangsa keturunan Abraham ini Allah akan melewati (to pass over yang kemudian menjadi istilah passover atau paskah ) rumah mereka sehingga mereka tidak akan kehilangan anak sulung.

 

Ada domba yang disembelih dan darahnya menjadi tanda bagi Allah untuk tidak menghukum mereka.Seperti passover/paskah yang adalah akhir dari perbudakan,kesulitan dan kemiskinan bangsa Israel,demikianlah domba paskah Yesus Kristus menjadi awal yang baharu bagi kita.Inilah basis keselamatan Allah. Darah domba itu menjadi ikatan Perjanjian antara Allah dan bangsa ini. Ada ikatan, ada covenant.Pencurahan darah adalah tanda bagi Allah untuk keselamatan dan pengampunan dosa. Dengan pencurahan darah inilah Allah memenuhi perjanjiannya.Inilah sumpah Allah.Manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi darinya.Tetapi demi apakah Allah bersumpah ?.Adakah yang lebih tinggi dari-Nya ?.Tidak ada.Allah harus bersumpah demi diri-Nya sendiri.Karena tidak ada yang lebih tinggi dari pada-Nya.(Ibrani 6).Allah Bapak tidak mungkin turun kebumi dan mencurahkan darah-Nya, karena Allah adalah Roh.Dia memerlukan pengganti.Dia memerlukan substitusi.Untuk itulah Dia mengutus Yesus Allah Anak menjadi manusia untuk menjadi Anak Domba Allah.

 

Yesus Kristus menjadi Anak Domba Allah .Darah-Nya menjadi tanda bagi Allah untuk melewati, To pass over (paskah) dari mereka yang memiliki tanda ini.Kematian tidak akan masuk ke dalam hidup mereka .Pengampunan harus berbasis.Allah tidak sekedar memaafkan.Itu dapat saja dilakukan-Nya dengan mudah tanpa karya penyelamatan.Tapi Allah harus bertindak atas dasar hukum Allah sendiri. Pengampunan haruslah dengan pencurahan darah.Kita tidak dapat diselamatkan oleh benda,materi yang bersifat fana.Oleh agama,filsapat atau system of thought yang tidak kekal.Ada penyelamatan yang permanent seperti kata rasul Paulus, sekali untuk selamanya.Ada penyelamatan yang datang dari rencana Allah, bukan dari hasil pemikiran manusia.Petrus mengatakan bahwa:”Kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-siayang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana,bukan pula dengan perak atau emas melainkan dengan darah yang mahal , yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tidak bernoda dan tak bercacat ( 1 Petrus 1:18-19). Pola ini tidak dapat lagi dirobah.Yesus berkata Akulah jalan (Yohannes 14:6).

 

Darah domba inilah yang menjadi Materai Perjanjian Baru.Setiap Perjanjian harus dimateraikan dengan darah. Ketika Allah mengikat perjanjian dengan Abraham ,Allah berfirman kepada Abraham untuk mengambil seekor lembu betina berumur tiga tahun,seekor kambing betina berumur tiga tahun, seekor domba jantan berumur tiga tahun,seekor burung tekukur dan seekor anak burung merepati (Kejadian 15: 9-10) Dan Abraham membuat mereka menjadi Kurban.

Perjanjian harus diikat oleh darah .Satu malam Yesus berkata:”Sebab inilah darah-Ku,darah perjanjian,yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa (Mateus 26:28).

 

Dengan Darah Anak Domba Allah inilah kita menjadi ciptaan baharu:”Jadi siapa yang ada di dalam Kristus , ia adalah ciptaan baru : yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. ( 2 Korintus 5:17).Amen. ( sm )

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kotbah" Lainnya

Malu

M A L U Rev. M.H. SIburian Rasa malu adalah salah satu alat kontrol yang mensensor kharakter manusia, kalau alat sensor ini rusak maka kara..... [Read more]




Kuasa Darah

  KUASA DARAH   Rev. MH. Siburian Manusia harus diselamatkan dari konsekwensi dosa. Caranya adalah dengan mengampuninya, namun pengampunan..... [Read more]




Berhala Baru

BERAHALA BARU Rev. M.H. Siburian   Negerinya penuh dengan berhala-berhala; mereka sujud menyembah kepada buatan tangannya sendiri dan kepada ya..... [Read more]




POWER LOOK: TEMPORER DAN BERUBAH-UBAH, BAHKAN MENGELABUI

POWER LOOK: TEMPORER DAN BERUBAH-UBAH, BAHKAN MENGELABUI Rev. MH. Siburian   Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengempang-ngem..... [Read more]




Mengapa Judi

MENGAPA JUDI Rev. M.H. Siburian Si pemalas dibunuh oleh keinginannya karena tangannya enggan bekerja. Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi ora..... [Read more]