KEPUTUSAN DEPARTEMEN HUMAS/MEDIA
GEREJA PENTAKOSTA INDONESIA
NOMOR : 001/KEP-D.HM/2011
TENTANG TATA TERTIB PENGGUNAAN MEDIA MAILING LIST PENTAKOSTA


Menimbang :
a. Bahwa untuk lebih menjamin ketertiban dalam penggunaan milis Pentakosta dan dalam rangka menumbuh kembangkan rasa tanggung jawab rohani sebagai umat Gereja Pentakosta Indoneia dan tanggung jawab hukum dalam lalu lintas dialogis dan informasi sebagai mana dimaksud dalam UU No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi & Transaksi Elektronik (ITE) dan demi terpeliharanya kasih persaudaraan di dalam Tuhan diantara pengguna milis Pentakosta, maka dirasa perlu membuat TATA TERTIB PENGGUNAAN MILIS GEREJA PENTAKOSTA INDONESIA dengan Keputusan Departemen Humas/Media.
b. Bahwa Milis pentakosta (pentakosta@yahoogroups.com) harus menjadi berkat bagi seluruh anggota milis. Oleh sebab dipandang perlu menetapkan program kerja milis dan pokok-pokok fungisi milis bagi pelayanan Gereja Pentakosta Indonesia.
Mengingat : 1. AD/ART Gereja Pentakosta Indonesia,
2. Bahwa Milis Pentakosta adalah aset/milik Gereja Pentakosta Indonesia

MEMUTUSKAN:
Menetapkan : TATA TERTIB PENGGUNAAN MAILING LIST PENTAKOSTA

BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1:

Dalam Keputusan Tata Tertib ini yang dimaksud dengan :
1. Maling List Pentakosta dengan alamat pentakosta@yahoogroups.com, selanjutnya disebut milis Pentakosta adalah group diskusi di internet dimana setiap orang / umat Gereja Pentakosta Indonesia bisa menjadi anggota dan ikut serta di dalamnya.
2. Owner adalah pemegang lisensi sebagai pemilik administratif milis sebagai penanggung jawab milis yang dalam hal ini adalah Departemen Humas/Media Gereja Pentakosta Indonesia. Owner juga memiliki hak dan wewenang untuk menyunting, menghapus, memindahkan, atau melakukan perubahan terhadap topik yang ada di forum, juga memiliki hak & wewenang untuk menutup forum, mengganti peralatan forum, mengganti kulit secara global, memodifikasi forum, dan memblokir, menghapus dan atau menambah anggota dalam forum.
3. Moderator adalah yang ditunjuk oleh Owner, yang bertugas meng-invite, menyunting, memindahkan topik, memperingatkan anggota milis atas kiriman yang dianggap kasar dengan alasan yang tak logis, atau mengganti detail forum. berperan/berfungsi sebagai penengah dalam dialog/diskusi dalam milis dan bertugas juga untuk memberikan kesimpulan dalam berbagai diskusi/dialog dalam milis.
4. Member adalah setiap orang yang telah di-invite oleh moderator dan mempunyai kemampuan untuk menyunting kirimannya sendiri, memulai topik, mengontrol pengaturan dan akses ke profil pengguna lain dan memiliki hak untuk menghapus kiriman sebelumnya dan menutup topik yang dibuatnya.
5. Anggota Milis adalah termasuk anggota milis, moderator, dan owner.
6. Pengurus adalah sebagaimana dimaksud AD/ART Gereja Pentakosta Indonesia.
7. Pengelola Milis Pentakosta adalah Owner dengan beberapa Moderator yang telah ditunjuk secara bersama menyelenggarakan kegiatan milis sesuai tujuan yang telah ditetapkan.
8. Sanksi adalah tindakan hukuman yang dilakukan oleh Pengelola Milis Pentakosta terhadap seseorang atau beberapa orang yang melanggar Tata Tertib Milis, yaitu berupa peringatan ringan/ peringatan keras, pemblokiran sementara selama 2 (dua) minggu dan sanksi yang paling berat adalah pemblokiran permanen.
9. Etika adalah akhlak saling menghormati dan saling menghargai antar sesama anggota milis sebagaimana berlaku dalam kehidupan berjemaat di Gereja Pentakosta Indonesia pada khusunya dan norma-norma yang berlaku di masyarat pada umumnya.

BAB II.TATA TERTIB
Pasal 2


2.1. Setiap anggota milis dilarang mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, pemerasan dan/atau pengancaman, menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

2.2. Setiap anggota milis dilarang mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun, dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan yang ada.
2.3. Setiap anggota milis dilarang memindahkan atau mentransfer Informasi milis keluar dari group milis Pentakosta yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.
2.4. Setiap anggota milis dilarang menggunakan kata-kata yang kasar dan harus selalu menggunakan etika dalam berkomunikasi satu dengan yang lain.
2.5. Apabila ternyata anggota milis telah khilaf dalam menyampaikan kata dan kalimat sehingga telah menyinggung perasaan teman diskusi lainya dan karena itu ada komplain dari pihak yang di singgung/dirugikan maka Moderator akan melakukan peringatan melalui jalur pribadi terhadap para pihak yang melanggar etika tersebut dan apabila pihak yang telah diperingatkan masih tetap mengulangi perbuatanya, maka Moderator dapat memberikan sanksi setelah melalui pertimbangan Pengelola milis.
2.6. Owner dan atau Pengelola milis berhak dan berwewenang melakukan pembetulan kata-kata yang dinilai salah redaksi, mengedit/ mendelete kalimat dan kata-kata kasar dan yang bersifat provokatif atau menghasut untuk menggalang pendapat atau opini yang dinilai merugikan Gereja Pentakosta Indonesia.
2.7. Setiap anggota milis dilarang membajak thread jika postingan merupakan copy paste dari sumber/web lain harus menyebutkan sumber tulisan.
2.8. Setiap judul/topic diskusi harus jelas dan tidak boleh di tumpang tindih dengan topik lain jika ternyata dalam pengamatan Moderator diskusi sudah melenceng dan membias bahkan jika dinilai diskusi sudah melenceng pada hal-hal yang tidak di inginkan maka Moderator berhak untuk anggota milisi arahan, jika terpaksa dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap forum diskusi, Moderator berhak melakukan close thread, mengapprove dengan membuat judul baru, dan membuat kesimpulan.
2.9. Mail-delivery :"NO EMAIL" tidak diperkenankan . Apabila bouncing, milis diset secara otomatis menon-aktifkan kesertaan email yang bersangkutan.
2.10.Anggota milis tidak diperkenankan melakukan promosi iklan komersial yang berkaitan dengan kegiatan di luar program Gereja Pentakosta Indonesia.
2.11. Setiap iklan yang bersifat social dapat/boleh di forward ke milis.
2.12. Setiap anggota milis harus menunjukkan rasa hormat dan etika saat melakukan kritik kepada Pengurus Gereja Pentakosta Indonesia, dengan tidak mengurangi hak setiap anggota milis memperoleh segala informas dan penjelasan dari Pengurus Gereja Pentakosta Indonesia.
2.13. Setiap anggota milis dalam postingannya harus dapat mempertanggungjawabkan kebenarannya dan tidak boleh melakukan fitnah.

BAB III. PENGELOLAAN MILIS

Pasal 3


Posting option Milis Pentakosta adalah Moderated, dimana setiap posting berupa e-mail, file, photo, link, poll, database yang dikirim ke milis akan melalui moderator. Moderator kemudian akan me-reply posting tersebut ke milis sehingga anggota milis dapat menerimanya. Moderator melakukan persetujuan dalam me-reply postng ke milis. Untuk beberapa posting dapat dilakukan penyesuaian (adjusment/editing) yang dianggap perlu.

Pasal 4

Program Kerja Milis diwujudkan dalam beberapa forum yaitu:

1. Diskusi, Meliputi topik-topik yang ditentukan oleh moderator atau muncul dalam sebuah diskusi oleh para peserta diskusi. Kesimpulan dari diskusi akan disarikan oleh moderator dan membagikannya kepada semua anggota milis.
2. Konseling, meliputi konseling permasalahan pribadi peserta milis kepada Konselor yang telah ditetapkan di milis. Konseling ini dapat saja dipublikasikan di milis untuk menjadi kesaksian dan peneguhan bagi anggota milis dengan telah sebelumnya mendapat persetujuan dari counselee. Kolom koseling juga sebagai media penyampaian permohonan dukungan doa.
3. Sesi Tanya Jawab, Meliputi sesi tanya jawab untuk satu permasalahan kepada Pengasuh. Sesi tanya jawab (pertanyaan yang telah mendapat uraian jawaban dari pengasuh) akan diposting ke milis oleh moderator.
4. Artikel meliputi artikel dengan segmen umum, sekolah minggu, pemuda remaja, pelayanan wanita, pengajaran. Artikel dapat berupa saduran dari berbagai sumber dengan menyebut sumber. Diutamakan bagi artikel karya anggota milis. Editor posting artikel/ karya tulis adalah moderator.
5. Media Informasi, meliputi reportase acara kegiatan yang dilaksanakan di berbagai daerah. Meliputi uraian terperinci kegiatan, materi, dan dokumentasi.

BAB III.SANKSI
Pasal 5


Barang siapa anggota milis yang nyata-nyata melakukan pelanggaran tata tertib sebagai mana dimaksud pada BAB II Pasal 2 Ayat 1 hingga 13 , Maka anggota milis akan dikenakan sanksi sesuai dngn tingkat pelanggaran mulai dari Teguran /peringatan ringan via Jalur pribadi sebanyak 3 X berturut-turut hingga pe-nonaktifan sbg anggota milis untuk selamanya. Untuk masalah yang terjadi diantara sesama anggota milis akan di tengahi oleh Moderator, sdgkan masalah yang terjadi antara anggota milis dengan Moderator akan diputuskan oleh Owner, mengingat Owner adalah pemegang wewenang tertinggi atas milis GPI sebagai representasi Pengurus Gereja Pentakosta Indonesia.

BAB IV.PENUTUP
Pasal 6

Dengan telah ditetapkanya Keputusan PERATURAN TATA TERTIB Milis Pentakosta ini maka Keputusan Departemen Humas/Media Gereja Pentakosta Indonesia Nomor 001/KEP-D.HM/2010 dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 7

Ketetapan ini mulai berlaku sejak di tandatangani dan dipublikasikan ke milis Pentakosta,

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal April 2011.

PENGURUS GEREJA PENTAKOSTA INDONESIA
DEPARTEMEN HUMAS/MEDIA


Pdt.P.Silaban, S.E.

Pengurus Milis Pentakosta:
1. Owner : Pdt. P. Silaban, S.E.
2. Moderator : Pdm. Elia Siregar
St. Sondar Simanullang
Baharu Nainggolan, S.Th.
Freddy Siringoringo
Ny. Mercy Marpaung

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Publikasi" Lainnya

Website GPI telah upgrade kapasitas

Puji Tuhan, Efektif per 8 Juni 2011 Departemen Media dan Humas telah melakukan upgrade terhadap kapasitas space hosting Website Gereja Pentakosta ..... [Read more]




Progress Pemasangan Atap Gedung Rajawali

Mari berdoa untuk kelangsungan pemasangan atap gedung rajawali, sehingga bisa dipergunakan pada saat Synode Besar GPI ke 63 pada tanggal 9,10,11 Septe..... [Read more]






Pengurus Pusat GPI masa bhakti 2011-2016

  Ketua                        ..... [Read more]




Bantuan Sosial untuk keluarga almarhum PENDETA

  Pematang Siantar, 22 Mei 2012   Kepada Yth: Seluruh Pimpinan Sidang, Pendeta, Guru Injil dan Sintua Seluruh Anggota Jemaat GEREJA PENTAK..... [Read more]