Minggu, 8 Mei 2011 di GPI Cililitan

Oleh Pdt. D. Gultom

II Raja-Raja 4:1-7

4:1 Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya."
4:2 Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apa pun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak."
4:3 Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.
4:4 Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!"
4:5 Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang.
4:6 Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir.
4:7 Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."

 

Dalam hidup berumah tangga masing-masing kita memiliki masalah dan pergumulan. Janda nabi ini memiliki masalah bukan atas keinginannya sendiri. Janda istri nabi ini tidak tahu kepada siapa dia mengadukan permasalahaannya selain kepada nabi Tuhan. Di rumah janda hanya ada minyak dalam buli buli, yakni minyak zaitun. Di Israel minyak zaitun sangat penting dan bermanfaat. Pohon zaitun secara fisik banyak tumbuh di israel selain pohon anggur, korma. Pohon korma semakin lama pohon dan kualitasnya semakin baik, demikian juga kehidupan kita seperti pohon korma dimana buahnya semakin manis. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat seperti:

  • Minyak untuk memasak yang non kolesterol.
  • Untuk kecantikan dijaman Israel
  • Untuk menyembuhkan obat luka
  • Dipakai untuk mengurapi raja, imam, nabi
  • Untuk bahan bakar menyalakan pelita/kandil di bait suci.

Lebih dari manfaat tersebut, minyak adalah perlambang pekerjaan dan pengurapan Roh Kudus. Roh kudus sangat diperlukan dalam kehidupan kita, karena tanpa Roh Kudus kita tidak tahun kemana arah langkah kita. Roh Kudus mengajar dan mengingatkan kita. Mari lihat dan pertanyakan apakah Roh Kudus ada dalam diri kita. Seperti manfaat minyak zaitun, Roh Kudus menolong kita, menghibur kita, memberi kekuatan kepada kita.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kotbah" Lainnya

Malu

M A L U Rev. M.H. SIburian Rasa malu adalah salah satu alat kontrol yang mensensor kharakter manusia, kalau alat sensor ini rusak maka kara..... [Read more]




Kuasa Darah

  KUASA DARAH   Rev. MH. Siburian Manusia harus diselamatkan dari konsekwensi dosa. Caranya adalah dengan mengampuninya, namun pengampunan..... [Read more]




Berhala Baru

BERAHALA BARU Rev. M.H. Siburian   Negerinya penuh dengan berhala-berhala; mereka sujud menyembah kepada buatan tangannya sendiri dan kepada ya..... [Read more]




POWER LOOK: TEMPORER DAN BERUBAH-UBAH, BAHKAN MENGELABUI

POWER LOOK: TEMPORER DAN BERUBAH-UBAH, BAHKAN MENGELABUI Rev. MH. Siburian   Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengempang-ngem..... [Read more]




Domba Paskah

DOMBA PASKAH Rev. M.H. Siburian   DAN DARAH ITU MENJADI TANDA BAGIMU PADA RUMAH –RUMAH DIMANA KAMU TINGGAL:APABILA AKU MELIHAT DARAH ITU, ..... [Read more]